Gagasan

PLEDOI KETUA GMA TANGGAL 19 SEPTEMBER 2012, CHEK YUKEE BATOH

Rekan-rekan yang terhormat, terimakasih sebesar-besarnya kami ucapkan karena sudah mau memenuhi undangan kami untuk hadir malam ini tempat yang sederhana ini, untuk bersilaturahmi dan sosialisasi organisasi GMA yang baru kita bentuk ini.

Gabungan Musisi Aceh atau GMA adalah sebuah lembaga yang didirikan untuk menjadi wadah persatuan para musisi di Aceh. Diharapkan dengan adanya lembaga pemersatu ini para musisi yang menjadi anggotanya bisa menjawab tantangan-tantangan khususnya yang berhubungan dengan perkembangan seni music di Aceh.

Setiap daerah mempunyai tantangan yang berbeda, dan disetiap masa tantangan yang dihadapi pun berbeda pula. Aceh yang lama dilanda konflik bersenjata, diluluhlantakkan oleh bencana alam gempa dan tsunami yang besar di tahun 2004, dan permasalahan-permasalahan  lainnya juga memberi dampak yang signifikan dalam perkembangan music di Aceh. Misalkan saja terhambatnya aktifitas berupa pementasan di Aceh yang disebabkan situasi keamanan, izin yang sulit, dan tidak jor-jorannya sponsor-sponsor nasional mengadakan event di Aceh, tidak seperti di daerah lain. Permasalahan lainnya adalah tidak meratanya informasi dan edukasi mengenai music diantara musisi-musisi Aceh itu sendiri. Alhamdulillah, dengan adanya perdamaian di Aceh dengan MOU Helsinki menimbulkan harapan baru bagi perkembangan music di Aceh. Namun belum signifikan seperti yang kita harap-harapkan.

Walaupun adanya tantangan-tantangan seperti yang disebut  diatas, kehidupan bermusik di Aceh tetap hidup walaupun dengan tertatih-tatih. Aktifitas tetap terjadi terutama di studio-studio. Dan interaksi social terjadi dengan cukup sehat. Jumlah musisi pun kian bertambah. Dengan segala keterbatasannya, seluruh musisi Aceh tetap berusaha untuk selalu eksis dan berkreasi.

Jumlah musisi yang ramai, tidak akan berarti apabila kita tidak bersatu. Sebuah permisalan klasik mengenai ini: Tak mungkin sebuah gunung bisa digeser oleh seorang perseorangan, namun apabila kita semua bersatu bahu-membahu bekerja sama, niscaya gunung itu akan bisa kita pindahkan. Dengan bersatu kita bisa menjadi sebuah kekuatan social yang besar, yang akan “didengar” dan “dilihat” oleh masyarakat dan birokrat. Tentunya konten dan program yang kita tawarkan tidak bertabrakan dengan norma-norma yang ada di Aceh kita tercinta ini dan harus bermanfaat secara social untuk orang lain.

GMA didirikan untuk menjawab semua persoalan itu. Dengan syarat semua harus terlibat aktif dan mau bekerja keras agar kehidupan bermusik bisa berkembang di Aceh. Beberapa agenda yang kita gagas adalah:

  1. Menjembatani musisi Aceh untuk saling mengenal, mendukung dan bekerja sama. Implemantasinya  berupa harus sering mengadakan gathering dan event-event yang dikerjakan secara bersama serta membuka ruang-ruang  diskusi yang berhubungan dengan pengembangan music.
  2. Memfasilitasi musisi Aceh untuk mendapatkan informasi dan edukasi mengenai music. Implementasinya berupa pembuatan workshop-workshop music dan diskusi mengenai teknik dan peralatan music.
  3. Membuat event pementasan yang melibatkan anggotanya baik itu swadaya, maupun didukung oleh pihak lain.
  4. Meminta kepada pemerintah dan pihak swasta lainnya untuk memperhatikan dan mendukung kegiatan-kegiatan music di Aceh.
  5. Membuat sebuah database online yang  berisi infomasi event dan profile anggota. Secara internal bertujuan agar kita bisa saling mengenal sesama anggota, dan secara external masyarakat bisa mengenal musisi-musisi Aceh berikut hasil karyanya.
  6. Mendirikan GMA Record yang akan menampung dan mempublikasikan hasil karya musisi Aceh.
  7. Menjadi mediator apabila terjadi perselihan antara sesame anggota, maupun antara anggota dengan pihak-pihak lain dalam konteks yang berhubungan dengan aktifitas music.
  8. Mewujudkan cita-cita menjadikan Aceh sebagai salah satu peta kekuatan music di Indonesia, dan musisi Aceh bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Hadirin sekalian yang hadir di Chek Yuke malam ini. Kami mengharapkan saudara-saudara semua disini untuk bergabung dengan GMA, dan mari bersama-sama kita bekerja demi mewujudkan cita-cita agar musisi Aceh mendapatkan tempat yang terhormat di dalam masyrakat, dan music di Aceh semakin berkembang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s