10 Manfaat Menguasai Not Balok Bagi Drummer

ADELIA SYAHFITRI | Source: ATJEHPOSTcom | Minggu, 06 Januari 2013 20:00 WIB

workshop-foto-1-adel

BANDA ACEH – Pemain drum seharusnya bisa bermain drum dan juga membaca not, tetapi terkadang ada drummer yang bisa bermain drum tetapi tidak bisa membaca not.

Pada acara workshop “30 Menit Belajar Not Drum” yang dibuat oleh Gabungan Musisi Aceh (GMA) di sekret GMA tepatnya di Taman Budaya petang tadi, Teuku Mahfud, pemateri workshop  menjelaskan manfaat drummer bisa membaca not.

Inilah manfaat bisa membaca not drum bagi seorang drum, yaitu :

Pertama
Lebih gampang mendapatkan info dan ilmu. Ia mengatakan drummer yang bisa membaca not balok akan lebih mudah mempelajari ilmu musik, teknik drum dari drummer-drummer terkenal dan lain-lain.

Kedua
Menghemat waktu latihan drummer bigband/orkes/ session. “Bagi drummer big band / orkes, kemampuan bisa membaca not balok akan membuatnya lebih disayang oleh band leader dan teman-teman, tidak perlu waktu yang banyak untuk latihan bagi sebuah big band,”ujarnya.

Ketiga
Memudahkan dalam bereksplorasi dan eksperimentasi. ” Seorang drummer bisa bereksperimen dengan menggeser letak not ataupun mengubah-ngubah time signature/meter dan lain-lain,”ujarnya.

Keempat
Menghindari hilangnya ide-ide baru. Mahfud mengatakan kadang seorang drummer mendapatkan ide untuk rhytm yang unik dan rumit dalam keadaan tidak membawa alat perekam.

“Dengan kemampuan baca/tulis not seorang drummer dapat menghindari lupa dengan mencatat ide-ide tersebut,”

Kelima
Mencegah seorang drummer melakukan kesalahan di panggung akibat lupa. “Drummer terkadang lupa urutan lagu, dan malah melakukan fill in yang tidak tepat letaknya, jadi dengan mempersiapkan notasi lagu yang dimainkan, drummer tersebut akan lebih nyaman,”

Keenam
Mempermudah drum programming bagi seorang drummer studio recording. “Dengan kemampuan baca/tulis, seorang drummer studio bisa lebih cepat menyelesaikan rekamannya, atau mempercepat programming drum lagu yang akan direkam,”

Ketujuh
Gampang mempelajari alat musik lain. “Seorang drummer yang bisa baca / tulis not balok, akan lebih gampang mempelajari instrument lainnya, seperti piano atau gitar yang buku lessonnya tersedia dengan mudah,”

Kedelapan
Bisa menjadi guru yang baik.” Seorang drummer yang bisa baca/tulis not balok bisa mengajari teman-teman laiinnya dengan baik,” katanya.

Kesembilan
Diajak pemegang merek drum / lembaga pendidikan. “Seorang drummer yang bisa baca/ tulis not balok ,ada kemungkinan bisa diajak pemegang merek drum/ lembaga pendidikan musik untuk memberikan workshop/klinik,”

Kesepuluh
Bisa lebih percaya diri. “Kalau sudah mengerti baca / tulis not balok bisa lebih percaya diri aja, baik di panggung walaupun dunia pergaulan,”ujarnya.[] (ihn)

About gmaceh

Gabungan Musisi Aceh
Image | This entry was posted in Edukasi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s