17 Tips WAJIB Memulai Latihan DRUM

by Mike @snaredrumfreakz

Source: jeffbeachdrums.com

Latihan drum! :D tentu ini harus menjadi aktivitas favorit kita ya sobat drummers! Harussss itu :D
Kali ini penulis mau coba share mengenai tips-tips untuk latihan drum..semoga bisa bermanfaat yah!

TIPS 1. Awali latihan drum kamu dengan DOA dan UCAP SYUKUR…kedengarannya kog klise banget ya? Aneh? Terlalu religius? menurut penulis dan pasti juga banyak sobat drummers lainnya sih nggak ya..justru ini teramat penting untuk mengawali apapun usaha kita..yaitu dengan doa minta bimbingan Allah, apapun itu agama yang kita peluk.

TIPS 2. Latihan drum harus RUTIN dan KONSISTEN, yang artinya adalah latihanlah setiap hari! Jauh lebih baik latihan drum konstan selama 15-30 menit per hari daripada 1 jam sehari tapi bolong-bolong. Ingat..kita bisa karena biasa..semakin banyak kita berlatih dengan cara yang baik dan tepat, seharusnya skill drum kita akan menjadi semakin baik juga!

TIPS 3. Latihan drum harus FOKUS. Coba ambil waktu khusus per harinya di mana kamu bisa latihan drum tanpa terganggu oleh hal hal lain. Lalu, fokus di sini juga berarti bahwa sebaiknya kita menentukan tema untuk setiap sesi latihannya: apa sih yang lagi pengen dipelajari/dikuasai? Misal: pola rudiment paradiddle diddle, irama samba, dsb.

TIPS 4. Latihan drum pakailah earplug untuk melindungi telinga. Ingat baik..telinga merupakan salah satu aset utama musisi yang harus dijaga. Mendengar suara dengan volume keras secara terus menerus dapat merusak pendengaran: kemampuan mendengar akan berkurang, dan bisa terkena penyakit telinga mendengung (istilah medisnya: tinnitus)

TIPS 5. Latihan drum pakailah METRONOME. Ini sangat penting untuk melatih tempo yang stabil. Tempo yang stabil adalah dasar dari irama/groove yang enak didengar (dan dirasakan). Drummer latihan tanpa metronome ibaratnya seperti orang yang baru belajar mobil, tapi nyetirnya ngebut..BAHAYA :D

TIPS 6. Gunakanlah STIK DRUM dengan ukuran yang NYAMAN di tangan kamu. Secara umum, ukuran stik yang all round (dapat digunakan untuk banyak genre musik) adalah ukuran 5b. Tidak ada batasan penggunaan ukuran stik drum berdasarkan genre musik tertentu sih..tapi memang sebaiknya kalo main musik yang keras, pakailah stik yang berukuran besar, supaya volume yang dihasilkan lebih besar, dan juga daya tahan stik lebih tinggi. Sebaliknya, kalo main musik yang cenderung lebih soft seperti jazz,pop, pakai stik yang ukurannya lebih kecil.

TIPS 7. Posisi DUDUK ketika bermain drum harus seyaman mungkin ya guys  jangan terlalu jauh/dekat dengan drum..sesuaikan tinggi drum/throne (bangku) drum dengan posisi duduk kamu.

TIPS 8. Seimbangkan latihan drum SENDIRI dengan latihan BARENG BAND. Kenapa? Latihan sendiri berfungsi untuk mengasah skill teknis individual, sedangkan latihan bersama band akan meningkatkan penjiwaan terhadap musik yang kita mainkan, selain itu supaya bikin band lebih kompak.

TIPS 9. PENTING sekali untuk bisa BACA NOT! Karena ini menjadi dasar untuk “menimba” ilmu lebih luas dan sebanyak-banyaknya. Cara ideal untuk belajar baca not adalah dengan ikut les drum. Bisa juga sih dengan baca buku drum secara otodidak atau cari juga video tutorial di youtube.

TIPS 10. Penting juga untuk punya ROLE MODE/Idola/Teladan untuk kita tiru dalam belajar drum. Biasanya sih dengan begini lebih cepat majunya, asal tetap latihan dengan konsisten, dengan cara yang benar, dan porsi yang banyak.

TiPS 11. Setelaj meniru apa yang dilakukan oleh idola kamu..JANGAN hanya berhenti sampai situ saja…terapkanllah prinsip ATM..Amati, Tiru, dan Modifikasi :) Penulis sendiri sangat menyukai ilustrasi ini dibawakan oleh Akira Jimbo..coba cek di youtube videonya dengan kata kunci “akira jimbo wasabi fujiyama” :)

TIPS 12. Penting untuk mempelajari dan bisa main groove untuk berbagai genre Musik..jangan membatasi diri dengan hanya bermain drum untuk satu jenis Musik trtntu..karena semakin banyak yang dipelajari, semakin mahir pulalah kita. Contohnya: Akira Jimbo terkenal dgn permainan Funk,Fusion,Latin :) namun ketika ditantang di sbuah klinik..dia bisa memainkan Gravity Blasting dgn asikk :D

TIPS 13.  Latihan drum menggunakan lagu minus one/drumless :) ini penting sebagai salah satu cara selain menggunakan metronome untuk melatih dan menjaga akurasi penting nih utk latihan akurasi tempo dan feel juga..

TIPS 14. Latihan drum juga bisa sambil nonton video rekaman drum. Selain bisa melihat langsung gerakan (motion), juga efektif untuk mengatasi rasa bosan. Jangan lupa sambil praktekkan prinsip ATM tadi ya :D

TIPS 15. Siapkan snack/air putih/jus dan handuk kecil.. Hindari rokok dan alkohol :) dalam janka panjang akan menurunkan vitalitas kamu..dan tentunya mempengaruhi permainan drum..jadi tidak maksimal..sayang kan?

TIPS 16. Rekam diri km sendiri waktu latihan drum :) ini bisa jadi buat bahan evaluasi diri, bisa liat motion nya udah enak diliat belum, yang ngaruh juga ke suara drum dan groove yang dihasilkan..udah oke belum? Ajak temen drummers kamu untuk nonton rekaman ini. Lebih bagus lagi kalo bareng guru drum kamu..atau dengan drummer yang lebih jago/berpengalaman, jadi kamu bisa dapet tips/koreksi/feedback yang membangun demi kemajuan kamu

TIPS 17. Kalo kamu bisa latihan drum bareng sama drummer lainnya..ini bakal seru banget! :D rame, dan pastinya bisa sharing ilmu juga..

Sekian tips tips untuk latihan drum dari penulis. Penulis berharap tulisan ini bisa bermanfaat untuk sobat drummers semuanya 

Source: indonesiandrummers.com

About gmaceh

Gabungan Musisi Aceh
Image | This entry was posted in Edukasi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s