Event: A Tribute to Dewa 19

Gabungan Musisi Aceh kembali menelurkan sebuah konsep acara baru yang bertajuk GMA Tribute. GMA Tribute tentunya akan menampilkan band-band yang akan membawakan lagu dari sosok musisi/band yang dipilih oleh musisi-musisi anggota GMA.

GMA Tribute edisi  pertama akan dilaksanakan pada tanggal 10 November 2012 ini di Haba Cafe, Jl. Tgk Daud Beureueh Banda Aceh dengan tema A tribute to Dewa 19 dan akan menampilkan band VellaRocka, Azkaban, Jamzked, dan Yaffi n’ friend.

Event ini dilaksanakan oleh Departemen Produksi GMA bekerja sama dengan Haba Cafe dengan kepanitiaan diketuai oleh Andy Rahmat Hidayat.

Berikut wawancara Ansri Handayani dari Tim Media GMA dengan Andy:

Ansri: Apa yang melatarbelakangi acara ini bro Andy?

Andy: Yang menjadi latar belakang acara ini adalah usulan teman-teman agar GMA mengadakan acara semacam Tribute yang tidak hanya menampilkan lagu-lagu dari sebuah band, tapi harus disertai dengan semacam diskusi atau workshop mengenai artis yang bersangkutan. Ini sesuai dengan prinsip atau salah satu tujuan GMA yaitu musisi Aceh tidak hanya bisa memainkan sebuah komposisi, tapi juga harus mengerti apa yang dimainkannya. Maksudnya di semua kegiatan GMA, kita akan selalu selingi dengan edukasi atau workshop.

Ansri: Maksudnya edukasi di acara GMA Tribute ini bagaimana Om?

Andy: Edukasi di acara GMA Tribute mungkin lebih ke arah diskusi mengenai sejarah band atau musisi yang menjadi objek tribute kita. Dan tidak menutup kemungkinan juga mengulas teknik-teknik permainan musisi yang menjadi objek tribute. Jadi Pemain dan penonton juga ikut mendapatkan informasi mengenai sejarah perjalanan band atau musisi tersebut.

Ansri: O gitu! Untuk edisi pertama GMA Tribute akan bertema A Tribute to Dewa 19. Apa alasannya memilih Dewa 19, Mas Bro?

Andy: Alasannya yakni sebagai berikut: Pertama, Acara diadakan pada tanggal 10 November 2012 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan nasional. Tentu kita sama-sama mengetahui hari tersebut dipilih untuk memperingati Pertempuran Surabaya yakni sebuah pertempuran antara milisi nasionalis Indonesia dan Sekutu, yang merupakan konflik bersenjata skala besar pertama antara Indonesia dan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Ansri: Err…. nggak ngerti saya Om hubungannya apa Hari Pahlawan dengan Dewa 19? (garuk-garuk kepala)

Andy: Hubungannya adalah yakni sebagai berikut: Dewa 19 itu berasal dari kota Surabaya. Gitu lhoo….. (menyeka keringat).

Ansri: Ooooo gitu, Itu alasan pertamanya. Trus alasan keduanya?

Andy: Alasan kedua yakni sebagai berikut: Dewa 19 ini band yang besar di peta musik Indonesia. Lagu-lagu hits nya banyak. Penggemarnya banyak. Dan sangat terkenal tentunya. Bagi saya pribadi, Dhani Dewa itu jenius banget.

Ansri: Materi diskusi di acara nanti berupa apa Om?

Andy: Aduuuh dek, jangan panggil Om lah, panggil nama saja. (tersipu-sipu)

Ansri: Hahaha… ok ok ok. Jadi materi diskusinya seperti apa nih?

Andy: Materinya yakni sebagai berikut: lebih ke sejarah karir Dewa 19. Insya Allah akan kita sajikan berupa pemutaran slide show.

Ansri: Siapa aja yang akan bermain nanti?

Andy: Karena ini masih Pilot Project, maka panitia memilih VellaRocka, Azkaban, Jamzked, dan Yaffi n’ friend. Tapi, kita tetap membuka ruang agar teman-teman lain bisa ikutan bermain dengan konsep Jam Session. Ke depannya tentu kita akan mengundang semua teman-teman untuk berpartisipasi lebih dalam.

Ansri: Baik Om Andy, terima kasih yaa atas waktunya?!!

Andy: Jangan panggil Om laaaah..

Ansri: (-_-)’

Gallery:

About gmaceh

Gabungan Musisi Aceh
Image | This entry was posted in Event, GMA Tribute and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s