Profile: Diary in Memory

Band asal Banda Aceh yang namanya cukup melancholy ini merupakan spin-off dari band Fivox yang duluan berkibar. Sahar (gitar), Imam Kiebo (bass) dan Reja (drum) terpaksa harus memakai nama baru “Diary in Memory” ketika Yoyo vokalis Fivox memutuskan untuk hijrah ke Jakarta dan bersikeras untuk membawa nama band itu bersamanya.

“Yaaah artinya kira-kira catatan di dalam kenangan,” ujar Imam Kiebo menjawab pertanyaan tim Media GMA mengenai arti dari nama tersebut. Maksudnya adalah seluruh personil DiM mempunyai banyak kenangan tersendiri yang sukar untuk dilupakan. Modal romantisme ini ternyata berpengaruh didalam banyak materi lagu DiM yang kebanyakan bertemakan tentang pengkhianatan cinta dan eksplorasi hati yang sebagian terinspirasi dari pengalaman pribadi mereka.

“Walaupun umumnya mengenai cinta, lagu kami tidak cengeng-cengeng banget kok,” kata Sahar sambil tertawa. Menurut gitaris yang sempat mengecap pendidikan musik di Sekolah Musik Purwacaraka Cimahi,  DiM biasanya membawakan lagu yang berjenis  Pop Rock Alternative, namun tidak menutup kemungkinan untuk membawakan lagu yang lebih keras ataupun jazzy.

DiM sempat mengalami gonta-ganti personil. Vokalis pertama mereka Aya keluar dan digantikan oleh Fira, Reza sang drummer pun terpaksa harus “cuti panjang” dikarenakan kuliah di Yogya di pertengahan tahun 2012 ini. Dan ada penambahan personil baru dengan masuknya Eronz sebagai gitaris 2.

“Kami tidak berniat menggantikan posisi Reza, jadi Diary in Memory sekarang menggunakan jasa additional drummer.” kata Imam Kiebo yang  sering disebut sebagai titisan rocker gaek Ahmad Albar karena kesamaan model rambut.

Sejak dideklarasikan pada tanggal 20 November 2011, Diary in Memory ternyata telah mempunyai segudang prestasi yang diperoleh dari beberapa kompetisi band. Antara lain:

1. Juara 1 Festival Band Yamaha di Taman Sari (2012)
2. Juara 1 Festival Band Motor Ceper di Panggung Utama PKA (2011)
3. Juara 3 Festival Honda Scoopy di Blang Padang (2011)
4. Juara 1 Festival Band Yamaha Mio Suka-Suka di Taman Sari (2011)
5. Juara 2 Festival Road to Java Jazz Region Aceh di AAC Dayan Dawood (tahun 2011 sebagai Fivox)
6. 5 besar Finalis Festival Band OZ Radio Café to Café (2012)
7. The Best Guitar Player (Har) 2011.
8, Juara 2 Festival AMF  (2012)
9. Juara 1 Festival Musik Kafe at The Palace coffee (2011)
 

“Kami tidak mau hanya menjadi band yang hidup dari satu kompetisi ke kompetisi lainnya, harus ada suatu pencapaian besar yang harus dapat kami raih,” kata Sahar mengenai masa depan DiM. “Untuk itu kami juga sedang mempersiapkan album perdana kami yang direncanakan beredar tahun 2013. Mohon doa dan dukungan teman-teman semuanya!”

Ketika ditanya mengenai hambatan bermusik di Aceh, Sahar berpendapat bahwa sepertinya musisi lokal belum menjadi tuan rumah di negerinya sendiri akibat kurangnya apresiasi dan dukungan baik dari pemerintah maupun masyarakat. EO juga suka seenaknya mempermainkan tarif atau honor band. “Sayangnya sukar untuk ditolak, event sangat jarang di Banda Aceh, semoga ke depan akan ada lebih banyak lagi panggung-panggung untuk musisi-musisi muda seperti kami.”

Lain lagi pendapat Eronz, personil baru DiM. Dia mengatakan salah satu kesulitan yang dihadapi musisi di Banda Aceh adalah masih adanya kesenjangan atau gap antar genre, sehingga suatu band sukar diterima atau kurang didukung oleh band lain yang berlainan aliran musiknya.

“Kami berharap dengan adanya GMA (red: Gabungan Musisi Aceh) musisi Aceh bisa lebih kompak,”

Amin! Demikian sekilas hasil interview tim Media GMA dengan DiM, untuk bisa berhubungan lebih jauh dengan mereka, silahkan check  facebook fanpage Diary in Memory di: facebook.com/pages/Diary-In-Memory-DIM/268563906519482  dan blog mereka diary-in-memory.blogspot.com .

Biodata Personil:

Nama: Sheidati Maghfira Balga S
TTL: Rahasia
Pekerjaan : Mahasiswi
Posisi  : Vocal
Twitter: @sheidati
 
Nama: Sahar S.S (Har)
TTL: Banda Aceh, 17 November 1992
Pekerjaan: Mahasiswa
Posisi: Guitar
Twitter: @Har_Diary
 
Nama: Imam Angga Putra (Imam)
TTL: Banda Aceh, 23 Oktober 1993
Pekerjaan: Mahasiswa
Posisi: Bass
Twitter: @Imam_DIM
 
Nama: Reza Fahmi (Reza)
TTL: Banda Aceh, 15 Desember 1993
Pekerjaan: Mahasiswa
Posisi : Drum
Twitter: @andreanreja
 
Nama: Eronz Purgawa
TTL: Banda Aceh, 11 October 1991
Pekerjaan: Mahasiswa
Posisi : Gitar
Twitter: @PurgawaEronz
 
Nama: Imam Mami
TTL: Rahasia
Pekerjaan: Rahasia
Posisi: Additional Drum

Gallery:

About gmaceh

Gabungan Musisi Aceh
Image | This entry was posted in Profile and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s