Profile: TP. Troop – Pasukan Tentara Payung

TP TROOP, nama band lokal ini mungkin tidak terlalu familiar di telinga Anda. Tetapi jika Anda fans setia Persiraja anda pasti tidak asing lagi dengan lirik lagu “Persiraja Laskar Rencong”.

Band ini digawangi oleh Kiki (Guitar-Vocal), Rulex (Bass-Vocal), Ayoe (Guitar) dan Aan (Drum), dan hadir sejak 2000 silam. 

Aan, menceritakan bahwa nama TP.TROOP bermula dari salah satu personil mereka yang ingin menjadi tentara. Karena unik, akhirnya mereka membentuklah nama TP.TROOP yang tak lain adalah singkatan dari Tentara Payung, sedangkan Troop adalah pasukan.

“Dia ingin jadi tentara tapi nggak mau perang dan (gak) mau nyelam, Cuma mau terjun payung aja, karena ceritanya lucu jadi kita sepakat menamai band kita Pasukan Tentara Payung,” kata Aan.

Sebelum TP.TROOP terbentuk, masing-masing personil awalnya sudah memiliki band masing-masing. Tetapi karena memiliki selera musik dan visi misi yang sama akhirnya masing-masing mereka bergabung dan membentuk TP TROOP.

Band yang awalnya digawangi oleh Kiki (Guitar), Rulex (bass), Aan (drum) dan Olin (vocal)  memiliki target agar bisa go nasional dan internasional. Dan itu terbukti dengan terus naiknya popularitas mereka.

Tahun 2002 para pencinta musik Indonesia mulai menyadari kehadiran mereka, apresiasi terhadap mereka semakin meningkat setelah TP.TROOP masuk newsletter dalam dan luar negeri.

“Walau kita baru dan berasal dari Aceh, namun TP. Troop tak mau menjadi band pembuka konser band lain dan kita tak pernah ikut kompetisi” sebut Rulex.

Namun dalam perjalanannya Olin harus meninggalkan TP.TROOP karena melanjutkan kuliah ke Thailand. Sepeninggalan Olin, Kiki dan Rulex merangkap jadi duo vokalis TP.TROOP.

Tahun 2007, TP.TROOP berhasil mengeluarkan album perdana mereka dengan formasi personil baru yaitu Kiki (Guitar Vocal), Rulex (Bass Vocal), Ayoe (Guitar) dan Aan (Drum). Mereka meliris album yang berjudul “The Trooper Has Come”.

“Sepanjang perjalanan manggung hingga mengeluarkan album, kita tidak pernah membawa lagu orang lain” ujar Aan.

Pada album perdana, TP.Troop mengandalkan sejumlah single dengan campuran lagu dalam tiga bahasa, bahasa Aceh, Indonesia dan Inggris, diantaranya Someone in My heart, The Trooper Has Come dan Aceh Ngon Krab II.

Menariknya pada album tersebut, terdapat dua lagu yang mencerita tentang historis Aceh yang sangat jaya hingga ke masa sekarang.

Agar TP.TROOP lebih dikenal oleh anak muda Aceh, mereka ingin menggelar konser sesering mungkin di Aceh.

Saat merilis album pertama, kata Aan, banyak kendala yang mereka alami, mulai dari masalah dana hingga teknologi studio yang minim fasilitas.

Namun, perjalanan belum berakhir sampai di situ, untuk menambah biaya rekaman mereka sampai membuka jasa antar catering dan jualan pakaian distro.

Rulex si pencipta lagu mengaku bahwa lagu-lagu yang ia buat banyak terinspirasi dari apa yang ia lihat dan rasakan mengenai kondisi Aceh saat ini, tak heran jika lagu-lagu TP.TROOP lebih banyak yang bernuansa kritik sosial.

Hasil kerja keras mereka untuk album perdana ternyata tidak sia-sia, album mereka bisa terjual laris manis secara indie.

Setelah Album “The Trooper Has Come” yang di release pada tahun 2006 lalu, saat ini mereka sedang mempersiapkan album ke dua yang akan diluncurkan awal tahun 2013 nanti, sebagai sumber inspirasi mereka masih menjagokan tema-tema sosial.

TP. Troop juga punya tips agar tetap eksis dan kompak seperti mereka, “Pertahankan kebersamaan kalian sebagai keluarga dan untuk menyelesaikan masalah, segera saling curhat serta menghargai pendapat teman-teman. Ini rahasia kami untuk tetap eksis sampai sekarang,” ujar Aan.

Rulex juga mengharapkan target TP.Troop ke depan dapat tercapai.  “Mudah-mudahan, karya kita diterima masyarakat, go nasional dan pastinya untuk album kedua, jangan beli bajakan ya,” pesan Rulex.

Tak ingin kalah dengan Pas Band yang membuat lagu Aing untuk Persib Bandung, dan D’Kross dengan lagunya Singo Edan untuk Arema, atau Iwak Peyek Versi Persebaya, maka Tp Troop menciptakan single Persiraja Laskar Rencong.

Persiraja Laskar Rencong khusus diciptakan oleh Tp Troop yang didedikasikan untuk tim Lantak Laju, dan ternyata mendapatkan respon sangat positif dari Supporter Kutaraja Untuk Lantak Laju atau SKULL, hingga official Persiraja.

“Kita telah bertemu dengan perwakilan Skull dan manager Persiraja, mereka senang mendengar lagu itu,” kata Aan, drummer Tp Troop kepada The Atjeh Post,  Kamis 17 Mei 2012, di Taufik Kopi, Kampung Mulia, Banda Aceh.

Single ini mereka ciptakan sebagai lagu penyemangat dan motivasi untuk tim Persiraja Banda Aceh saat berlaga di lapangan. Tp Troop memilih Persiraja karena mereka ingin memberikan sumbangsih untuk Aceh melalui Persiraja.

“Kita pilih Persiraja karena mereka sudah seperti maskot Aceh, dan juga sebagai pemanasan untuk album kedua kami nanti,” lanjut Aan.

“Tenggang waktu yang terlalu lama antara album perdana dan kedua membuat kita harus membakar semangat baru lewat single Persiraja Laskar Rencong dan suatu kebanggaan bila nantinya lagu ini menjadi maskot yel-yel penyemangat tim Persiraja,” ujar Rulex, Basis Tp Troop.

Untuk berhubungan dengan TP Troop bisa melalui account twitter @TPTroop, fanpage facebook.com/pages/TP-Toop-Aceh-Punk-Rock/198828320182346 dan untuk mendengar teaser dari album baru mereka bisa mengklik reverbnation.com/tptroop.

Biodata:

• Nama: Farhan Firdaus
Posisi: Drummer
Tanggal Lahir: 25 November 1984
Pekerjaan: Direktur Percetakan Asyraf.

• Nama: Kiky
Posisi: Gitar/Vokal
Tanggal Lahir: 2 Maret 1982
Pekerjaan: Kontraktor

• Nama: Rulex
Posisi: Bass/Vokal
Tanggal Lahir: 7 Juli 1981
Pekerjaan: Account Officer Bank Aceh

• Nama: Ayoe Chico
Posisi: Gitar/Vokal
Tanggal Lahir: –
Pekerjaan: Staff RSUD Dr. Zainoel Abidin

DISCOGRAFI:

1. The Trooper Has Come (2006)

Label: Moritza Recording

Track Listing:

Side A

– Punk Ruder Skin Harder
– Aceh Ngon Krab 2
– Little Uncle Cong
– Voice to Peace
– The Trooper Has Come,,

Side B

– Come Back
– Someone In My Hearth
– Aceh Ngon Krab 1
– The Trouble,,
– Saudaraku Suaraku
– The Police Why

Source:

1. http://atjehpost.com/read/2012/05/18/9348/24/24/TP-Troop-Pencipta-Lagu-Kebangsaan-Persiraja

2. http://atjehpost.com/read/2012/05/19/9462/16/16/TP.Troop-Band-Punk-Rock-Aceh-yang-Go-Internasional

3. www.sportasik.com/albummusik/tp-troop

4. http://www.sportasik.com/figure/tp-troop/index.php

Galeri:

About gmaceh

Gabungan Musisi Aceh
Image | This entry was posted in Profile and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s