Profile: Polos Band, Deep Purple Cabang Banda Aceh

Image
Oleh: T. Mahfud*

Deep Purple!  Adalah band yang akan diingat orang ketika menyebut nama salah satu band lawas Aceh ini. Polos Band memang terkenal sebagai band yang setia membawakan lagu-lagu dari grup asal negara Ratu Elizabeth tersebut.

Dibentuk di tahun 1997, Polos digawangi oleh Reza (vocal), Salman (gitar), Oya Akbar (bass), Nyak Gam (gitar), Fahmi (drum) dan Adek (keyboard).  Awalnya mereka merupakan band kampus fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry. Selalu hadir mengisi setiap kegiatan yang diadakan di kampusnya.

Prestasi  band ini antara lain juara I Kategori Rock 3-in-1 Music Competion yang diadakan Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Unsyiah tahun 1999; dan Juara III Festival Walang Kadonk 2000.

“Kami sebenarnya tidak melulu membawakan lagu-lagu Deep Purple, tetapi juga lagu-lagu dari band classic rock lainnya. Tapi karena model vokal Reza sangat mirip Ian Gillan, maka teman-teman selalu men-cap kami sebagai kloning Deep Purple,” Kata Salman ketika ditanya alasan kenapa Polos Band identik dengan Deep Purple.

Polos termasuk band yang awet tanpa terlalu banyak penggantian anggota-nya. Walaupun sekarang jarang manggung, tapi mereka masih sering ngumpul. “Kita adalah band yang dibentuk dengan rasa kesetiakawanan yang tinggi, sampai hari ini, kami tetap sempat untuk ngopi bersama setiap harinya,” kata Reza yang sekarang adalah pemilik sebuah production house.

Ketika ditanya pendapat mereka mengenai perkembangan musik di Banda Aceh, Oya Akbar menjawab bahwa minat orang Aceh untuk bermain musik semakin hari semakin bertambah, bisa dilihat dari jumlah band yang terus bertambah. Bahkan di setiap even musik selalu muncul wajah-wajah baru. Namun sayangnya, dari dulu musisi Banda Aceh terkesan selalu terkotak-kotak dalam pergaulan. Kurang menyatu. Walaupun sering bertatap muka di even-even musik, tapi sayangnya tidak mau saling menyapa dan tidak mau saling mengenal.

“Padahal musisi Banda Aceh, dilihat dari segi jumlahnya, bisa menjadi suatu kekuatan sosial yang akan sangat diperhitungkan, apabila mau bersatu,” sambung Salman.

Perlu pembaca ketahui Salman Varisi di tahun 2001 bersama Cut Ika Liana dan Samsul Fatah, telah mengeluarkan album yang berjudul Sama Merindu.

Oh ya, bagaimana caranya berhubungan dengan Polos band?

“Kami bisa dihubungi melalui akun twitter @Oya_Akbar” jawab Oya yang juga merupakan pengusaha percetakan mengakhiri perbincangan santai ini.

Biodata personil:

• Nama: Salman Varisi Salman
Posisi: Guitarist
Tanggal Lahir: 7 Juli 1977
Pekerjaan: Direktur Aceh Multivision.

• Nama: Oya Akbar
Posisi: Bassist
Tanggal Lahir: 7 May 1977
Pekerjaan: Direktur CV. Zeera Digital.

• Nama: Reza Fahlevi
Posisi: Vocalist
Tanggal Lahir: 22 November 1979
Pekerjaan: Photographer,PH, Direktur Ipunk Production.

Dimuat juga di atjehpost.com tanggal 14 Juni 2012: http://atjehpost.com/read/2012/06/14/11856/6/6/Polos-Band-Deep-Purple-nya-Banda-Aceh

dan di http://generasikuneng.wordpress.com/2012/06/13/polos-band-deep-purple-cabang-banda-aceh/

About gmaceh

Gabungan Musisi Aceh
Image | This entry was posted in Profile and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s